HARMONI BUDAYAKU
Apa itu program Harmoni Budayaku?
Untuk memperoleh jawabannya, mari simak video berikut ini
ALUR BAGJA PROGRAM HARMONI BUDAYAKU
DASAR FILOSOFI KHD |
Maksud pengajaran dan pendidikan yang berguna untuk
perikehidupan adalah memerdekakan manusia sebagai anggota persatuan(rakyat) |
|||||
POIN/KOMPONEN PROFIL PELAJAR PANCASILA YANG DIKEMBANGKAN |
·
Mampu bergotong royong Kepemimpinan murid untuk terlibat dan
berinteraksi dengan orang lain, bekerjasama dan berkontribusi dala masyarakat
yang lebih luas. ·
Beriman, bertaqwa, dan beerahklak mulia Menumbuhkembangkan kepemimpinan murid
yang akanmendorong murid untuk mengembangka berbagai sikap-sikap yang positif
yang merupakan pengejawantaan dari iman, ketakwaan, dan akhlak mulia. ·
Mandiri Menumbuhkembangkan kepemimpinan murid
yang akanmendorong murid untuk mengambil control dan bertanggung jawab dalam
proses pembelajaran mandiri ·
Kreatif Menumbuhkembangkan kepemimpinan murid
yang akanmendorong murid untuk terekspos pada pengalaman belajar otentik yang
menuntut mereka untuk mampu melihat peramsalahan dan secara kreatif berusaha
mencari solusi atas peramasalahan tersebut ·
Berkebinekaan global Menumbuhkembangkan kepemimpinan murid
yang akanmendorong murid untuk memiliki pemikiran dan wawasan yang luas dan
terbuka. Menumbukan sikap terbiasa untuk melihat perbedaan. |
|||||
KARAKTER LINGKUNGAN YANG MENDUKUNGTUMBUHNYA KEPEMIMPINAN
MURID YANG AKAN DIKEMBANGKAN |
·
Lingkungan
yang menyediakan
kesempatan untuk murid menggunakan pola pikir
positif dan merasakan emosi yang positif ·
Lingkungan
yang mengembangkan keterampilan berinteraksi sosial secara positif,
arif dan bijaksana,
di
mana murid akan menjunjung tinggi nilai-nilai sosial
positif yang berbasis pada nilai-nilai kebajikan yang dibangun oleh sekolah ·
Lingkungan yang melatih keterampilan yang dibutuhkan murid dalam
proses pencapaian
tujuan akademik maupun non-akademiknya ·
Lingkungan yang melatih murid untuk
menerima dan memahami kekuatan diri, sesama, serta masyarakat dan lingkungan di sekitarnya. ·
Lingkungan yang membuka wawasan murid agar dapat menentukan dan
menindaklanjuti tujuan, harapan atau mimpi yang manfaat
dan kebaikannya
melampaui pemenuhan kepentingan individu,
kelompok, maupun golongan. ·
Lingkungan yang menempatkan murid
sedemikian rupa sehingga terlibat aktif
dalam proses belajarnya sendiri. Lingkungan yang seperti ini akan menyediakan berbagai kegiatan belajar yang menarik,
menantang, dan bermakna, di mana dalam prosesnya murid akan merasa senang hati dan menikmati setiap momen pembelajarannya. ·
Lingkungan yang menumbuhkan daya lenting dan sikap tangguh murid untuk terus
bangkit di tengah kesempitan dan kesulitan. Lingkungan ini akan membantu
murid untuk berani menerima tantangan, berjiwa besar, dan selalu bangkit lagi dan berusaha mencari solusi bila menemui kegagalan.
Lingkungan ini akan
memungkinkan murid untuk selalu mengambil pelajaran dari setiap kegagalan- kegagalan yang dijumpainya dan berusaha untuk menemukan cara-cara alternatif atau cara yang paling tepat. (disadur dari Noble, T. & H. McGrath, 2016) |
|||||
PRAKARSA PERUBAHAN |
Mengatkan interaksi social, keterampilan, dan manajemen
diri dalam mengolah komptesisosial emosional(kesabaran) melalui
program”HARMONI BUDAYAKU” |
|||||
TAHAPAN |
PERTANYAAN |
TINDAKAN YANG DIPERLUKAN
UNTUK MENDAPATKAN JAWABAN |
RENCANA UNTUK MELIBATKAN
SUARA/PILIHAN/KEPEMILIKAN MURID |
ASET/KEKUATAN/SUMBER DAYA
YANG DAPAT DIBERDAYAKAN PADA TAHAP INI |
WAKTU YANG DI PERLUKAN |
PENANGGUNG JAWAB TAHAP INI. |
B-uat Pertanyaan Utama(Define) ·
Membbuat pertanyaa utama yang akan menentukan
arah investigasi kekuatan/potensi/peluang: mendefinisikan tujuan; pertanyaan
di buat untuk memprofokasi/mebinisiasi perubahan(prakarsa) ·
Menggalang atau membangun koalisi tim
perubahan-dukungan, urgensitas. |
1.
Bagaimana kita dapat meningkatkan keterampilan dan
minat murid sekaligus menguatkan interaksi social, ketrampilan dan manajemen
diri melalui kegiatan “Harmoni Budayaku”? 2.
Bagaimana kita dapat memanfaatka kegiatan” HARMONI
BUDAYAKU untuk meningkatkan jiwa kepemimpinan pada murid? |
·
Diskusi dengan kepala sekolah/rekan guru
mengenai pemanfaatan anklung meski tanpa guru seni. ·
Dialog dengan rekan kerja mengidentifikasi
minta siswa akan alat music angklung. ·
Dialag dengan para siswa. |
·
Berdialog dengan murid utuk menguatkan ide dan
mengidentifikasi minat. |
·
Siswa ·
Rekan guru ·
Kepala Sekola |
2 hari |
CGP (Elisabet Novia Asni Utami) |
A-mbil pelajaran(Diskover) ·
Menyusun pertanyaan lanjutan untuk menemukenali
kekuatan/potensi/peluang lewat investigasi atau penyelididkan;
mengidentifikasi/mengapresiasi yang terbaik dari apa yang telah ada,
menemukan “inti positif”: setiap pertanyaan dibuat denga hati-hati dan
sifatnya positif. ·
Menentukan bagaimana cara untuk kita
menguungkapkan fakta, memperoleh data,diskusi kelompok kecil/besar, survey
individu, mlti unsur |
1.
Berapa banyak siswa yang pernah mengikuti latihan
angklung bersama guru seni? 2.
Apa kekuatan yang telah dimiliki sekolah dalam
menujudkan ptogram ini. |
·
Mengidentifikasi siswa yang pernah main
angklung. ·
Mengidentifikasi sarana yang ada dan melihat
kelayakanya. |
·
Mendata siswa yang pernah main
angklung(bersama guru seni) ·
Mengunjungi tempat penyimpanan angklung dan
alat music lain yang dimiliki. |
·
Siswa ·
Rekan guru ·
Gudang angklung ·
angkung |
1 hari |
Rekan guru CGP |
G-ali
mimpi (Dream) Merupakan
tahapan penyusunan deskripsi kolektif bilamana inisiatif terwujud;
membayangkan dan menggambarkan masa depan; gambaran masa depan dimunculkan
dari contoh-contoh yang membumi dari masa lalu yang positif; mengalokasikan
kesempatan untuk berproses bersama, multi unsur (kapan, di mana, siapa saja). |
1.
Apakah program HARMONI BUDAYAKU mampu menciptakan dan
mengembagkan kepemimpinan murid? 2.
Kapan dapat menampilkan hasil program Harmoni
Budayaku dalam suatu event tertentu? 3.
Apakah dengan program harmoni Budayaku, alat-alat
music yang selama ini menjadi pajangan akan meningkat kebermanfaatanya bagi
pengembangan kepemimpinan siswa? |
Diskusi dengan rekan guru dan Kepala sekolah |
·
Sharing dengan siswa, |
Siswa Guru Kepala Sekolah |
1 hari |
Wali kelas |
J-abarkan rencana (Design) merupakan tahapan
mengidentifikasi tindakan konkret yang diperlukan untuk menjalankan
langkah-langkah kecil sederhana yang dapat dilakukan segera dan langkah
berani/terobosan yang akan memudahkan keseluruhan pencapaian; menyusun
definisi kesuksesan pencapaian (tujuan, capaian, luaran); menciptakan
organisasi yang ideal demi mencapai mimpi, mempertahankan perubahan positif,
atau menindaklanjuti masa lalu yang positif dan potensial |
1.
Bagaimana memberdayakan guru (bukan guru music) dalam
program ini? 2.
Bagaimana guru dapat mengajarkan angklung tanpa guru
seni? 3.
Bagaimana cara seleksi siswa peserta harmoni
budayaku? |
·
Shaaring dengan rekan guru, dan usaha
menumbuhkan kemauan untuk mencoba. ·
Diskusi dengan rekan sejawat, mengenai cara
apa saja yang dapat dilakukan, agar angkung yangn sudah dimiliki dapat
bermanfaat. ·
Berdiskusi dengan siswa dan memperbolehkan
bagi yang berminat, terkuhusus kelas 4 sampai 6 |
·
Diskusi dengan siswa |
Siswa Guru |
|
CGP |
A-tur
eksekusi (Deliver) merupakan
tahapan untuk menentukan siapa yang berperan/dilibatkan dalam pengambilan
keputusan; menyelaraskan interaksi setiap orang (unsur) terlibat agar dapat
bersama-sama menciptakan (ko-kreasi) masa depan; merupakan awal dari
penciptaan ‘budaya belajar apresiatif’ yang berkelanjutan; mendesain jalur
komunikasi dan pengelolaan rutinitas (misal: protokol/SOP, rutinitas,
knowledge management, monitoring/evaluasi/refleksi). |
1.
Siapasajakah yang terlibat dalam program Harmoni
Budayaku ini? 2.
Bagaimanakah jadwal program dilaksanakan, dan
kuantitas latihan? |
·
Diskusi dengan kepala sekolah dan dewan guru
untuk membahas guru pelatih, siswa, dan jadwal. |
|
Guru Kepala Sekolah |
|
CGP dan warga sekolah |
Wajah bahagia mereka terpancar, meskipun permainan belum maksiaml. Anak-anak memiliki minat dan motivasi untuk berkolaborasi menciptakan sebuah harmoni melalu alat tradisional pelestari budaya Indonesia ANGKLUNG.
Dengan program ini, semoga dapat mewujudkan dan menyalurkan suara, pilihan, dan kepemilikan murid di SDN. 2 Ngestiboga II Kecamatan Jayaloka Kabupaten Musi Rawas Sumatera Selatan.
JAYALAH NEGERIKU
HARMONI BUDAYAKU
Tidak ada komentar:
Posting Komentar