Pembelajaran Kelas 6 Tema 3 Subtema 1 Pembelajaran 1

 Halo sobat guru hebat

Salam sehat.

Bagaimana pembelajaran tema kelas 6 sudah sampai subtema berapa? Kali ini saya akan berbagi pengalaman mengenai pembelajaran di tema 3 subtema 1 pembelajaran 1 Penemu yang Mengubah Dunia.


Dokumen pribadi
Kompetensi dasar (KD) dari tiga muatan pelajaran (bahasa Idonesi, IPA, dan IPS) yang hendak dicapai pada pembelajaran ini
Dokumen pribadi
Dari Kompetensi dasar tersebut, tujuan yang hendak dicapai, dalam antara lain:
  1. Dengan membaca, peserta didik mampu menyebutkan informasi penting dari teks eksplanasi yang dibaca tentang penemu yang mengubah dunia dengan mandiri.
  2. Setelah membaca, peserta didik mampu mempresentasikan informasi penting dari teks ekplanasi yang dibaca tentang penemu yang mengubah dunia dengan peta pikiran yang tepat.
  3. Denagn mengamati, peserta didik mampu mengidentifikasi komponen-komponen listrik dan fungsinya dalam rangkaian listrik sederhana dengan tepat.
  4. Setelag pengamatan, peserta didik mampu menyajikan hasil pengamatan tentang komponen-komponen listrik dalam rangkaian listrik sederhana dan fungsinya dengan tepat.
  5. Denagan mengamati dan melakukan wawancara, peserta didik mampu mengidentifikasi perubahan sosial budaya daam kehidupan masyarakat atas ditemukannya listrik dengan tepat.
  6. Dengan mengamati dan melakukan wawancara, peserta didik mampu melaporkan perubahan sosial budaya masyarakat dengan ditemukaannya listrik dalam bentuk peta pikiran dengan sistematis.
Berikut ini contoh pembelajaran yang saya lakukan
  1. Setelah doa dan salam, kita awali pembelajaran dengan apersepsi seperti video berikut ini

dokumen pribadi
2. Dari video kita dapat mengarahkan peserta didik untuk mengingat kembali perbedaan alat pada          zaman dahulu dan sekarang, dalam pelaksanaannya kegiatan di video dapat kita terapkan langsung.    pembelajaran dilanjutkan dengan membaca teks ekplanasi tentang, Listrik Pengubah Wajah Dunia 

Buku tema 3 kelas 6
    Teks tersebut digunakan untuk mengarahkan peserta didik 
3. Membaca senyap teks bacaan halaman 2


4. Setelah membaca teks, peserta didik menjawab pertanyaan
    a. Paragraf 1: Apa topik masalah yang akan disampaikan oleh penulis?
    b. Paragraf 2: - Apakah yang kamu ketahui tentang arus listrik?
                           - Bagaimana proses perjalanan arus listrik dari pusat pembangkit hingga sampai ke                                     rumah penduduk? Jelaskan secara berurutan!
    c. Paragraf 3: 
        - Apakah yang terjadi dengan arus listrik saat tiba di rumah warga? Jelaskan secara berurutan!
        - Apa manfaat arus listrik setelah sampai ke setiap rumah warga?
        - Apa perbedaan rangkaian listrik seri dan paralel?
    d. Paragraf 4: Apa kesimpulan dari isi teks tersebut?
    e. Paragrat 5: Adakah pesan yang disampaikan oleh penulis? Jelaskan dengan singkat!
5. hasil peserta didik digunkan sebagai bahan tanya jawab.
6. Peserta didik membongkar senter yang sudah dipesankan.
7. Peserta didik mengamati gambar komponen-komponen yang terdapat pada listrik


8. Melengkapi tabel berdsarkan hasil pengamatan
9. Membimbing peserta didik untuk merangai kembali komponen senter, hingga menyala.

        Komponen senter: batu baterai, kepala senter,Terminal baterai, dan lampu senter.

10. Membongkar kepala senter, kemudian merangkaianya kembali hanya dengan menggunakan lampu.

11. Setelah peserta didik membongkar asang senter, tanya jawab mengenai rangkaian listrik
12. sampaiakan konfirmasi dengan mengamati kembali contoh rangkaian seri dan  paralel


    Rangkaian seri
    a. tersusun tidak bercabang
    b. memiliki satu jalur arus listrik
    
    Rangkaian paralel
    a. memiliki cabang 
    b. Jalur arus listrik lebih dari satu tergantung pembuatnya.
13. membuat satu rangkaian listrik sederhana dan mengisi tabel berikut

14. Pengaruh listrik terhadap kehidupan masyarakat di ligkunganku, kalimat ini mengarahkan peserta           didik untuk mendiskusikan perbedaan pada masa sebelum ada listrik dan setelah ada listrik (tabel           1) dan melengkapai peta pikiran tentang peralatan rumah tangga pada masa sebelum ada listrik dan         setelah ada listrik.
Tabel 1

Tabel 2

15. Setelah selesai, hasil tersebut, digunakan sebagai bahan tanya jawab


Begitulah sobat guru, contoh penyampaian pembelajaran di tema 3 subtema 1 pembelejaran 1.
Semoga bermanfaat.
Terima kasih


18 komentar:

  1. Luar biasa, bercerita tentang pengalaman mengajarkan materi tema 3 di kelas 6.

    BalasHapus
  2. Anda memang pekerja keras bu.. Mantap lanjutkan..

    BalasHapus
  3. Wow ...paket komplit .... Super star

    BalasHapus
    Balasan
    1. tapi masih perlu banyak belajar daari hasil kaarya anda master

      Hapus
  4. Memang guru superior ini. Karya -karya nya memang josssss semuaaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. jika saya superior, anda hight superior...super duper...kritik dan sarannya donk

      Hapus
  5. Punyaku kapan rampungnya? Mau bisa macam ini juga....

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah kalau sampean ma dah blogger sejati, saya yakin sekali kedip juga rampung...semangat

      Hapus
  6. Keren Bu Tami, bisa jadi referensi teman guru kelas 6 yang lain.

    BalasHapus
  7. Keren banget anda memang luar biasa super paket lengkap ndok.

    BalasHapus

Aku mengalami sendiri, kebohongan untuk kebaikan itu.

 Celvin terima kasih idenya Celvan terima kasih aksinya. Pagi ini, Rabu 8 Maret 2023 perjalanan kami ke sekolah diselingi canda tawa meskipu...